
MENDIDIK DAN MEMBANGUN GAIRAH BELAJAR SISWA
Siswa tidaklah dipandang sebagai obyek pembelajar. Pembelajaran Abad-21 menempatkan siswa untuk menjadikan peran dalam menentukan kemampuan dalam aspek peningkatan diri. Learning to Learn suatu kalimat yang pas saat ini dalam menemukan sikap sebagai manusia pembelajar. Jadi Human Capacity Diveloment sangat menentukan peserta didik membentuk pola pikir, bernalar untuk memecahkan suatu masalah.
Ada 5 (langkah) untuk para pendidik agar para siswa mendapat gairah dalam pembelajaran, yaitu dengan melalui 5 D:
1. Definition
Mendifinisikan siswa untuk menahami kondisinya. Menggunakan reframing untuk suatu keadaan siswa. Jika siswa sedang tak bergairah cari tahu barang kali banyak yang sedang dipikirkan. Jika siswa cerewet sesungguhnya dia siswa yang peduli. Jika pasif boleh jadi pembelajaran tidak menarik.
Mendifinisikan kebutuhan siswa untuk meningkatkan minat belajar siswa. More scholarly articles, bagaimana cara meningkatkan minat dan hasrat belajar? Langkah-langkahnya sebagai berikut:
a. Guru harus berusaha membuka diri, mengetahui minat siswa dalam belajar.
b. Bagaimana pembelajaran dapat teraplikasi dalam kehidupan sehari-hari.
c. Membuat kelompok belajar skala kecil.
d. Membuat pasangan teman untuk belajar.
e. Menyesuaikan dengan kemampuan siswa dalam memberi pembelajaran.
f. Menggunakan media pembelajaran yang menarik.
g. Mengetahui masalah yang telah dihadapi siswa
h. Belajar yang dapat disambungkan dengan karier di masa depan.
2. Discovery
a. Menemukan kekuatan siswa
b. Menemukan sisi baik siswa
c. Menemukan perilaku positif siswa
d. Menemukan motivasi hidup siswa
e. Menemukan minat dalam belajar
3. Dream
a. Membangun mimpi masa depan
b. Membangun harapan-harapan
c. Membangun kepercayaan diri
d. Menggairahkan keinginan
e. Menetapkan tujuan
4. Design
a. Merancang langkah kedepan
b. Merencanakan proses, bagaimana
c. menjalankannya dengan cara apa
d. Merumuskan langkah nyata yang akan dilakukan.
e. Menetapkan time schedule
5. Density
a. Membangun komitmen dalam diri siswa
b. Komitmen berupa langkah-langkah realistis yang hendak dibangun
c. Poin-poinnya bentuk kegiatan ringan yang dapat dilakukan dan dibiasakan.
d. Ditetapkan bersama guru dan masing-masing siswa dapat juga melibatkan orang tua siswa.
e. Konsistensi guru dan siswa untuk menjaga komitmen dalam pelaksanaannya.
f. Komitmen dibuat tertulis sebagai deklarasi diri dari masing-masing siswa dalam menjaga atomic habit dalam peningkatan diri dalam mencari prestasi hidup.
Sekecil apapun upaya yang dilakukan guru dalam memahami aspek-aspek keinginan, hambatan dan menyadarkan siswa untuk menemukan diri dan gaya belajarnya, maka akan berbuah hasil yang menakjubkan bagi perkembangan siswa di masa depan.
وَلَا تَهِنُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَاَنْتُمُ الْاَعْلَوْنَ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ
"Dan janganlah kamu (merasa) lemah, dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang beriman".(QS Ali Imran ayat 139).
Demikian alhamdulillah, semoga bermanfaat khususnya bagi para asatidz di lingkungan QSBS dalam memajukan pondok pesantren Al Kautsar 561 Tasikmalaya. Aamiin Ya Rabbil A'lamin.
Tasikmalaya, 09 Februari 2022 M
08 Rajab 1443 H
Oleh: Abah Runjai Wangsa L. (MU)
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Menjadi Santri QSBS Al-Kautsar 561 yang Unggul dan Berkepribadian Mulia
“Ilmu Pengetahuan akan memberi KEKUATAN, sedangkan akhlak akan menerima KEHORMATAN. Melalui potensi akalnya manusia terus mengejar ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kualitas keh
SEKOLAH SMP DAN SMA QSBS Al KAUTSAR 561 TERUS BERKIBAR DAN BERKEMAJUAN
Dalam usia yang relatif muda menjelang tahun ketujuh sekolah QSBS Al-Kautsar 561 telah menampilkan diri dan termasuk sekolah yang dapat disejajarkan dengan sekolah unggul yang ada
Mendidik Santri QSBS Agar ‘eM eM’
eM eM singkatan dari Mau dan Mampu. Mau dan Mampu adalah dua kata yang saling terikat. Mau adalah sungguh-sungguh suka hendak, sedangkan Mampu adalah sanggup melakukan sesuatu. Mau dan
ATOMIC HABITS QSBS
Kemampuan manusia secara alami dapat ditingkatkan. Akan tetapi untuk mencapai pada tingkat maksimal tidak akan datang secara tiba-tiba. Secara perlahan tapi pasti semuanya akan diberika
KEKUATAN BESI
Besi merupakan logam dari golongan unsur transisi. Di alam besi memiliki kelimpahan terbanyak. Besi yang terdapat di bumi umumnya dalam bentuk senyawa mineral sulfida, oksida dan karbon
Sebuah Renungan: Jadilah Seperti Lebah
Tasikmalaya, 01 Februari 2022 - Lebah salah satu makhluk Allah yang istimewa dan diabadikan namanya dalam Al Qur'an, yaitu Surat An-Nahl (Surat ke 16). Tentu saja ada banyak pelajaran y
“Bagaimana Seorang Manager Mampu Mengendalikan Situasi dan Menjalankan Program dengan Baik Melalui Empat Aspek Kepemimpinan”
Seorang manager dituntut untuk mampu mengendalikan diri dan mampu mengahadapi situasi yang dapat menghantarkan pada keadaan yang dinamis guna mencapai goal yang baik melalui empat aspek
“Bagaimana Seorang Manager Mampu Mengendalikan Situasi dan Menjalankan Program dengan Baik Melalui Empat Aspek Kepemimpinan”
Seorang manager dituntut untuk mampu mengendalikan diri dan mampu mengahadapi situasi yang dapat menghantarkan pada keadaan yang dinamis guna mencapai goal yang baik melalui empat aspek
Kenapa Para Siswa Harus Mendapatkan Muatan Kurikulum Leadership Skill?
SMP QSBS Al Kautsar 561 oleh : Runjai Wangsa Laksana Sepanjang hidupnya manusia selalu belajar "menjadi orang". Ini adalah materi pelajaran seumur hidup yang tidak ada istilah
Pendidikan Berbasis Kemulian Diri Untuk Menyongsong Abad 21 (Post-milenial)
Bismillah... Salam BERKAH buat semua Pendidikan Berbasis Kemulian Diri Untuk Menyongsong Abad 21(Post-milenial) Para orang tua belakangan ini mul