SMP Quranic Science Boarding School

Jl. Radinal Muchtar, Jagabaya Desa Rajadatu Kec. Cineam Kab. Tasikmalaya Jawa Barat 46198

"TERAKREDITASI A"

Hafizh, Cerdas & Mampu Memimpin

Tentang SMP QSBS

Rabu, 25 Mei 2022 ~ Oleh Admin QSBS ~ Dilihat 16201 Kali


Pesantren Sains Qur'an Al-Kautsar 561 (SMP Quranic Science Boarding School) Tasikmalaya adalah pesantren pendidikan Islam Al-Kautsar 561 yang berada di kawasan asri dan jauh dari keramaian kota, terletak di daerah Cineam Kabupaten Tasikmalaya. Pesantren ini didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Tujuannya untuk meningkatkan perkembangan santri agar mencapai berbagai keunggulan.

Pesantren ini didirikan atas dasar pemikiran dan penelaahan terhadap keberadaan pesantren yang sudah sangat lama di Indonesia; yang mana pesantren menjadi model alternatif dari sistem pendidikan yang ada di indonesia. Awalnya pendidikan pesantren hanya berfokus pada pelajaran agama dengan tujuan menghasilkan para ahli agama dan terbukti sukses melahirkan banyak para ulama dari rahim generasi awal berdirinya model pendidikan pesantren.

Dengan kemajuan zaman dan alasan tuntutan zaman, pendidikan pesantren mulai mengadopsi pendidikan umum dengan harapan melahirkan para santri yang menguasai ilmu agama (menjadi ulama) dan juga ilmu umum (menjadi ilmuwan) secara bersamaan. Maka dimasukanlah pelajaran umum disatukan dengan pelajaran agama, sehingga santri harus belajar puluhan mata pelajaran dan dituntut harus menguasai semuanya agar dapat mencapai tujuan pesantren modern.  Namun, pada kenyataannya harapan itu tidak benar-benar tercapai, karena tentunya ilmu agama cakupannya sangat luas, begitupun dengan ilmu umum.  Idealnya, menurut kami, sistem pendidikan kita mendukung setiap jurusan baik jurusan ilmu umum yang nantinya menjadi ilmuwan dan juga jurusan khusus ilmu agama yang nanti menjadi para ulama. Tanpa mengesampingkan ilmu dasar dari kedua jurusan tersebut.

Sistem pendidikan umum kita pun yang memfokuskan  program jurusan ilmu umum, banyak mengesampingkan dasar-sadar agama yang merupakan pondasi dasar seseorang baik dalam berpikir dan bersikap, juga sebenarnya agama sangat erat kaitannya dengan ilmu umum, seperti banyaknya fakta-fakta ilmiah dari Alquran dan sunnah yang selaras dengan ilmu pengetahuan, bahkan sangat jarang dibahas bagaimana jasa-jasa ilmuwan Islam dalam pengaruhnya terhadap sains modern. Sehingga hasilnya hanya menelurkan ilmuwan yang kosong dari dasar-dasar agama, yang berakibat banyak ilmuwan yang dengan keilmuannya tidak menjadikannya semakin beriman kepada Allah Swt. atau banyak ilmuwan yang jauh dari nilai-nilai agama sehingga mereka melakukan hal-hal yang bertentangan dengan agama.

Keunggulan boarding school dibandingkan dengan sekolah pada umumnya adalah mampu menciptakan lingkungan yang kondusif dalam pendalaman materi sekolah mereka baik teori ataupun praktek, peningkatan bahasa (Arab dan Inggris), membiasakan etika Islam dan  menjaga anak didik selalu menjalankan ibadah mereka. Selain itu, waktu yang lebih leluasa untuk mengembangkan minat anak didik dengan menambahkan pelatihan, seperti leadership atau entepreneurship baik berupa teori maupun praktik. Selain itu, karena yayasan kami dibangun berawal dari kegiatan sosial maka hal itu menjadi keunggulan bagi kami di mana para santri bisa ikut serta dari kegiatan sosial yang kami jalankan sehingga jiwa sosial mereka terbangun dengan baik.

Atas dasar pemikiran itu, maka  lahirlah Quranic Science Boarding School Al-Kautsar 561 yang insyaAllah untuk menjawab kebutuhan pesantren yang memfokuskan dalam mencetak ilmuwan Islam yang hapal Alquran, berwawasan ilmu syar’i dan siap menjadi generasi pemimpin masa depan.

Dewan Pembina :

  1. Prof. DR. Mitra Djamal (Alumni ITB)
  2. Syeikh Abdullah Ash-Sha’idy (Madinah)
  3. DR. Hendi Hidayat MA (S3 Sudan)
  4. DR. Cecep Sholeh Kurniawan, Lc., MA. (S3 Brunei)
  5. DR. Lulu Lusianti Fitri, M.Sc (Alumni ITB)
  6. Akhmad Zainal Abidin, M.Sc., Ph.D (Alumni ITB)
  7. Tati Susilawati, Dra., M.T (Alumni ITB)
  8. Irawan Thamrin, Ir., M.T (Alumni ITB)
  9. Runjai Wangsa Laksana , Ir. (Alumni ITB)

 

Quranic Science Boarding School

Yayasan Al-Kautsar 561 terdorong untuk berkontribusi membangun generasi qur’ani. Generasi yang keseharian aktivitas hidupnya selalu berinteraksi dengan Al-Qur’an, yakni dengan cara membaca, menghapal, mentadaburi dan mengamalkannya. Di antara keistimewaan dan keutamaan Al-Qur’an adalah terdapat kandungan ayat yang memberi ruang bagi akal pikiran untuk mentadaburi ayat-ayat qauniyah (QS. Ali 'Imran: 190-191). Mengungkap kebesaran Allah Swt. atas segala yang diciptakan-Nya beserta hukum-hukum-Nya. Ayat qauniyah adalah ayat atau tanda yang wujud di sekeliling yang diciptakan oleh Allah Swt. yang termanifestasi dalam bentuk benda, kejadian, peristiwa dan sebagainya yang ada di alam ini. Oleh karena alam ini hanya mampu diciptakan oleh Allah Swt. dengan segala sistem dan peraturan-Nya yang unik, maka ia menjadi tanda kehebatan dan keagungan pencipta-Nya. Sebagaimana firman Allah Swt.:

“Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al-Qur’an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu?“ (QS. Fushshilat: 53 )

Sehingga tidaklah berlebihan jika kami memberi nama SMP Quranic Science, kami memiliki tujuan dalam proses mengenal Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya, memperlihatkan kesatuan hukum alam, kesalinghubungan seluruh bagian dan aspeknya sebagai bentuk ketundukan alam kepada kehendak Ilahi. Untuk itu, kami hendak mencoba meramu dengan mengintegrasikan kurikulum Diknas (ilmu pengetahuan) dan akhlak dengan Al-Qur'an sebagai kitab pedoman Islam. Impian kami kelak para alumni dapat tumbuh menjadi khalifah fil ardh yang memiliki kesimbangan dzikir dan fikir serta dapat berkontribusi bagi kemajuan peradaban umat Islam dengan perkembangan ilmu dan teknologi.

Semoga kita termasuk hamba-hamba-Nya yang senantiasa meyakini kebenaran ayat-ayat Allah Swt. dan terus menimba ilmu setinggi-tingginya demi menggali hikmah dan pelajaran dari setiap penciptaan Allah Swt., sehingga akan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Swt.

KOMENTAR

Pati Sam latar - Rabu, 01 Juni 2022

Boleh minta brosernya ngga

Herliya - Rabu, 05 Januari 2022

Boleh minta brosurnya

Erny - Kamis, 25 Nopember 2021

Boleh saya minta brosurnya? Mohon untuk dikirimkan ke email saya. Terimakasih

Sari yussanti - Jum'at, 10 September 2021

Assalamu'alaikum pak, Tolong kirim brosur dan rincian biaya masuk boleh ya

Dian Rosidi - Jum'at, 12 Maret 2021

Assalamualaikum ustadz, kami lagi mencari sekolah unk anak saya yg kebetulan skrng mau lulus SD. Minta tolong ya dikirim brosurnya ke email saya, terima kasih banyak.

azka - Sabtu, 07 Nopember 2020

mohon informasi pendaftaran santri baru

nuraini - Selasa, 03 Nopember 2020

anak saya sekarang kelas 6 MI lagi cari sekolah mohon info peendaftaran utk 2021/2022 kapan pendafataran dan biayanya dan brosur apabila ada

Asep Jamaludin - Rabu, 28 Oktober 2020

Assalmaualaikun ustadz.. mohon kiranya berkenan untuk mengirimkan brosur..ebetulan anak saya kls 6 MI...terimaksih.. wassalamualaikum

Adi Wijaya - Kamis, 22 Oktober 2020

Assalamualaikum...mohon bisa dikirim brosurnya, bisa kirim email kebetulan anak kami sekarang kelas 6, terimakasih

Hadrian Aziz - Minggu, 26 Juli 2020

assalamualaikum.. mohon dikirim brosur pandaftaran berikut informasi sekolah via email. Saya memerlukan informasi sekolah, anak saya kelas 6 MI, inshaallah tahun depan akan meneruskan ke SMP/MTS. Terima kasih

KOMENTARI TULISAN INI