SMP Quranic Science Boarding School

Jl. Radinal Muchtar, Jagabaya Desa Rajadatu Kec. Cineam Kab. Tasikmalaya Jawa Barat 46198

"TERAKREDITASI A"

Hafizh, Cerdas & Mampu Memimpin

Super English Camp: Konsep Dauroh Bahasa Inggris SMP QSBS yang Didampingi Native Speaker

Senin, 15 Januari 2024 ~ Oleh Admin QSBS ~ Dilihat 379 Kali

Cineam – Setelah libur panjang di akhir semester satu, seluruh santri SMP-SMA Quranic Science Boarding School telah kembali ke pondok dan mengikuti kegiatan Daurah Bahasa Inggris yang dilaksanakan selama empat hari, yakni dari tanggal 2 s.d 6 Januari 2024 di lingkungan SMP-SMA QSBS Pesantren Al-Kautsar 561.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh santri SMP-SMA Quranic Science Boarding School (QSBS) yang berjumlah 457 santri.

Dauroh Bahasa Inggris ini mengusung tema “Boost Your English Beyond the Future” yang memiliki arti “Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris untuk Masa Depan” di mana pihak sekolah dan seluruh jajarannya mengajak santri untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam Bahasa Inggris untuk bekal di masa depan.

Kegiatan ini merupakan program unggulan di SMP-SMA QSBS Al-Kautsar 561 sekaligus program penunjang dalam pembiasaan bahasa asing di lingkungan pesantren, yang diharapkan nantinya para santri lebih siap dan juga termotivasi untuk menggunakan bahasa asing, serta meningkatkan kapasitas santri dalam berbahasa asing.

Kegiatan ini diisi oleh Mr. Tommy, selaku Native Speaker dari New York USA, beliau juga merupakan pensiunan US Army (Tentara). Adapun konsep kegiatannya dibuat oleh guru Bahasa Inggris yang dibantu oleh siswa kelas XI dan XII yang terpilih untuk menjadi pembimbing kelompok.

Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan yang dilanjutkan dengan talkshow pemberian semangat untuk seluruh santri oleh Mr. Tommy di hari pertama. Kemudian, dilanjutkan dengan pembelajaran bahasa melalui metode English Fun Learning dengan kompetensi bahasa, yaitu Listening, Speaking, Reading, dan Writing.

Treatment terhadap santri pada dauroh ini mengadopsi kegiatan “English Camp Lelac Malaysia” yang dibalut dengan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif antara pembimbing dan santri bimbingannya. Kegiatan ditutup dengan kegiatan Exhibition santri yang meliputi unjuk aksi dalam berbahasa yang dituangkan dalam beberapa kategori, diantaranya drama, poetry, sing a song, dubbing, dan lain-lain.

Alhamdulillah seluruh proses rangkaian kegiatan ini berjalan lancar dengan partisipasi yang aktif dari para peserta karena metode kegiatan yang beragam dan tidak membosankan.

Pembiasaan bahasa ini sangat disenangi oleh para santri karena mereka belajar banyak bahasa dengan cara yang menyenangkan. Proses ini sangat penting dan perlu lagi waktu yang lama agar bisa menstimulasi mereka lebih intens dalam berbahasa asing” ujar Rizal As’ari, S.Pd. selaku guru Bahasa Inggris di SMA Quranic Science Boarding School.

Di sisi lain, Ibu Hj. Tati Susilawati, M.T. selaku ketua Yayasan Al-Kautsar 561 berharap kegiatan yang positif ini harus diselenggarakan secara berkala dan melalui intensive controlling, semoga menjadi pemicu budaya internasional.

Terakhir, Benny Waluyo, S.Pd. selaku Kabid. Bahasa Inggris mengatakan “Kemampuan instan berbahasa Inggris hanya ada di Lembaga Pendidikan Al-Kautsar 561”.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT